Pengertian Tari Topeng dari Cirebon, Pengertian Tari Topeng Klana dan Pengertian Tari Ringrang Topeng
Meskipun daerah Cirebon masih berada di wilayah Jawa Barat, baik secara administratif maupun geografis, tarian dari daerah Cirebon memiliki keunikan sendiri. Salah satu tari tunggal yang terkenal di Cirebon adalah tari topeng Cirebon. Tari topeng diciptakan oleh Sultan Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati. Ciri khas dari tari topeng Cirebon adalah gerakan tangan yang lemah lembut yang diiringi oleh alunan musik repelajaran dan kendang. Tarian topeng ini menggunakan busana dengan warna-warna yang menarik seperti kuning, hijau, dan merah.
Secara umum, tarian ini diawali dengan formasi membungkuk, yang bermakna penghormatan terhadap penonton dan tanda bahwa tarian akan dimulai. Setelah itu, kaki penari akan melangkah ke depan dan ke belakang (maju-mundur) dengan diringi rentangan tangan dan senyuman kepada penonton. Selanjutnya, penari membelakangi penonton dengan menggoyangkan pinggulnya sambil memakai topeng berwarna putih. Pemakaian topeng putih bermakna tari pendahuluan sudah dimulai.
Baca juga: Unsur-Unsur dalam ekspresi Gerak Seni Tari
Setelah tubuhnya bergerak berputar-putar, si penari kemudian membelakangi penonton sambil mengganti topeng yang berwarna putih dengan topeng yang berwarna biru. Proses yang sama terjadi pada penggantian topeng dengan warna merah. Pada proses penggantian balik ini, alunan musik akan semakin keras.
Berikut adalah beberapa bentuk tari topeng khusus yang terdapat di Cirebon:
a. Tari Topeng Klana
Topeng Klana tersebut berwarna merah, mata besar melotot, hidung besar, dan mulutnya agak terbuka sehingga giginya terlihat. Penutup kepala pada tari toprng klana disebut sobrah. Pada sobrah terdapat rawis-rawis, yaitu wol yang diuntai agak panjang. Rawis-rawis ini disimpan di samping kiri dan kanan sobrah.
b. Tari Ringkang Topeng
Tari Ringkang Topeng menggambarkan kehidupan manusia yang sering merupakan topeng-topeng yang penuh dengan segala macam polesan dan kepalsuan. Kehalusan, kejujuran, persaingan, kekuasaan serta ketamakan mewarnai karakteristik manusia itu. Namun akhirnya, kita akan kembali merenung siapakah dan apakah kita ini (yang akan kembali kepada Sang Pencipta). Tari Ringkang Topeng merupakan tari kreasi baru yang penciptaannya diilhami Kupu Tarung dari desa Slangit Cirebon. Iringan musiknya biasanya merupakan musik gamelan.
Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di wilayah kesultanan Cirebon. Tari Topeng Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Subang, Indramayu, Jatibarang, Majalengka, Losari, dan Brebes. Disebut tari topeng karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Pada pementasan tari Topeng Cirebon, penarinya disebut sebagai dalang, dikarenakan mereka memainkan karakter topeng-topeng tersebut. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh satu penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.
Tempat pagelaran
Tari Topeng Cirebon pada zaman dahulu biasanya dipentaskan menggunakan tempat pagelaran yang terbuka berbentuk setengah lingkaran, misalnya di halaman rumah, di blandongan (tenda pesta) atau di bale (panggung) dengan obor sebagai penerangannya, tetapi dengan berkembangnya zaman dan teknologi, tari Topeng Cirebon pada masa modern juga dipertunjukan di dalam gedung dengan lampu listrik sebagai tata cahayanya.
Baca juga: Apresiasi Seni Tari, Fungsi Tari Tunggal Nusantara
Tujuan pagelaran
Tujuan diselenggarakan suatu pagelaran tari Topeng Cirebon secara garis besar dibagi kedalam tiga tujuan utama yaitu:
Demikian artikel tentang Tari Topeng Cirebon, Tari Topeng Klana dan Tari Ringrang Topeng, semoga dapat membantu anda dalam mempelajari lebih jauh lagi tentang tari cirebon.
Secara umum, tarian ini diawali dengan formasi membungkuk, yang bermakna penghormatan terhadap penonton dan tanda bahwa tarian akan dimulai. Setelah itu, kaki penari akan melangkah ke depan dan ke belakang (maju-mundur) dengan diringi rentangan tangan dan senyuman kepada penonton. Selanjutnya, penari membelakangi penonton dengan menggoyangkan pinggulnya sambil memakai topeng berwarna putih. Pemakaian topeng putih bermakna tari pendahuluan sudah dimulai.
Baca juga: Unsur-Unsur dalam ekspresi Gerak Seni Tari
Setelah tubuhnya bergerak berputar-putar, si penari kemudian membelakangi penonton sambil mengganti topeng yang berwarna putih dengan topeng yang berwarna biru. Proses yang sama terjadi pada penggantian topeng dengan warna merah. Pada proses penggantian balik ini, alunan musik akan semakin keras.
Berikut adalah beberapa bentuk tari topeng khusus yang terdapat di Cirebon:
a. Tari Topeng Klana
Topeng Klana tersebut berwarna merah, mata besar melotot, hidung besar, dan mulutnya agak terbuka sehingga giginya terlihat. Penutup kepala pada tari toprng klana disebut sobrah. Pada sobrah terdapat rawis-rawis, yaitu wol yang diuntai agak panjang. Rawis-rawis ini disimpan di samping kiri dan kanan sobrah.
b. Tari Ringkang Topeng
Tari Ringkang Topeng menggambarkan kehidupan manusia yang sering merupakan topeng-topeng yang penuh dengan segala macam polesan dan kepalsuan. Kehalusan, kejujuran, persaingan, kekuasaan serta ketamakan mewarnai karakteristik manusia itu. Namun akhirnya, kita akan kembali merenung siapakah dan apakah kita ini (yang akan kembali kepada Sang Pencipta). Tari Ringkang Topeng merupakan tari kreasi baru yang penciptaannya diilhami Kupu Tarung dari desa Slangit Cirebon. Iringan musiknya biasanya merupakan musik gamelan.
Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di wilayah kesultanan Cirebon. Tari Topeng Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Subang, Indramayu, Jatibarang, Majalengka, Losari, dan Brebes. Disebut tari topeng karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Pada pementasan tari Topeng Cirebon, penarinya disebut sebagai dalang, dikarenakan mereka memainkan karakter topeng-topeng tersebut. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh satu penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.
Tempat pagelaran
Tari Topeng Cirebon pada zaman dahulu biasanya dipentaskan menggunakan tempat pagelaran yang terbuka berbentuk setengah lingkaran, misalnya di halaman rumah, di blandongan (tenda pesta) atau di bale (panggung) dengan obor sebagai penerangannya, tetapi dengan berkembangnya zaman dan teknologi, tari Topeng Cirebon pada masa modern juga dipertunjukan di dalam gedung dengan lampu listrik sebagai tata cahayanya.
Baca juga: Apresiasi Seni Tari, Fungsi Tari Tunggal Nusantara
Tujuan pagelaran
Tujuan diselenggarakan suatu pagelaran tari Topeng Cirebon secara garis besar dibagi kedalam tiga tujuan utama yaitu:
- Pagelaran komunal, merupakan acara pagelaran yang dilaksanakan untuk kepentingan bersama masyarakat, sehingga hampir seluruh masyarakat ditempat tersebut berpartisipasi dalam pagelaran ini, acara yang dipertunjukan pun sangat spektakuler dengan adanya arak-arakan dalang, atraksi seni dan sebagainya serta digelar lebih dari satu malam, contoh dari pagelaran komunal diantaranya adalah hajatan desa, ngarot kasinoman (acara kepemudaan), ngunjungan (ziarah kubur)
- Pagelaran individual, merupakan acara pagelaran yang dilaksanakan untuk memeriahkan hajatan perorangan, contohnya adalah pernikahan, khitanan atau khaulan (melaksanakan nazar atau janji)
- Pagelaran bebarangan, merupakan acara pagelaran keliling kampung yang inisiatifnya datang dari dalang topeng itu sendiri, bebarangan biasanya dilakukan oleh dalang topeng ke wilayah-wilayah desa yang sudah panen, wilayah desa yang ramai atau datang ke berkeliling di kota dikarenakan desanya belum panen, sedang mengalami kekeringan atau sedang sepi penduduknya.
Demikian artikel tentang Tari Topeng Cirebon, Tari Topeng Klana dan Tari Ringrang Topeng, semoga dapat membantu anda dalam mempelajari lebih jauh lagi tentang tari cirebon.
Labels: tari jawa
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home