RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 1 Pertemuan ke 7 - KD 4.2 - RPP Seni Rupa Materi Seni Patung
- Mempersiapkan bahan lunak berupa sabun untuk membuat patung. (L1/P1/LOTs)
- Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai dalam membuat patung. (L1/P1/LOTs)
- Menirukan satu macam teknik membuat patung. (L1/P1/LOTs)
- Menggunakan bahan lunak sabun untuk membuat patung. (L1/P2/LOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No | Problem Based Learning (PBL) | Kegiatan Pembelajaran |
1 | Mengorientasikan | 1. Peserta didik mengamati hasil sketsa outline yang telah mereka buat pada pertemuan sebelumnya. (PPK Mandiri) 2. Peserta didik memperbaiki sketsa outline sesuai dengan arahan dan masukan yang telah diberikan oleh guru . (PPK Integritas) |
2 | Mengorganisasikan Kegiatan pembelajaran | 3. Peserta didik mulai mengukir membuat patung pada media sabun dengan menggunakan alat ukir . (PPK Integritas) 4. Peserta didik mengukir patung sabunnya pada bagian yang lebih detail (PPK Mandiri) 5. Peserta didik bertanya jawab antar teman sebaya tentang media (sabun dan alat) yang dipakai. (Collaborative) 6. Peserta didik boleh meminjam peralatan ukir kepada saudaranya untuk mengukir bagian detail patungnya. (PPK Gotong Royong) |
3 | Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
| 7. Peserta didik mengerjakan sendiri mengukir patungnya dan menanyakan kesulitannya kepada guru. (PPK Mandiri) 8. Peserta didik dipersilahkan menggunakan cara yang baru dalam menggunakan peralatan ukir. Innovation) 9. Peserta didik dipersilahkan mengajari temannya tentang cara baru tersebut. (Communication) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : | Penilaian Pengetahuan : | Penilaian Keterampilan : |
Observasi / Jurnal | Pilihan ganda | Penugasan |
Labels: guru rpp
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home