Thursday, June 10, 2021

RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 1 Pertemuan ke 5 - KD 3.2 - RPP Seni Rupa Materi Seni Patung

Berikut adalah RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 1 Pertemuan ke 5 -  KD 3.2 - RPP Seni Rupa Materi Seni Patung. file  ini berupa file Word 2013. Jadi agar spasi tidak berantakan maka disarankan untuk membuka dengan aplikasi Word 2013 atau versi di atasnya.
Link download silahkan lihat dibawah artikel ini.

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

-------------------------------------------------------------------
Madrasah            : MTs  …….             
Mata Pelajaran    : Seni Budaya                             
Kelas/Semester   : IX/Ganjil                                     
Materi Pokok       : Seni Rupa (Seni Patung)
Alokasi Waktu     : 3 JP
Pertemuan ke -   : 5
-------------------------------------------------------------------

Kompetensi Dasar :
3.2. Memahami prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik

Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran, peserta didik mampu :
  1. Menyebutkan nama pematung Indonesia dan karyanya. (L1/C1/LOTs)
  2. Menjelaskan pengertian seni patung. (L1/C2/LOTs)
  3. Menjelaskan 1 macam fungsi seni patung. (L1/C2/LOTs)
  4. Membedakan 2 macam corak seni patung. (L1/C2/LOTs)
  5. Menunjukkan 3 jenis bahan membuat seni patung. (L1/C2/LOTs)
  6. Menerangkan cara membuat seni patung dengan bahan lunak. (L1/C2/LOTs)
  7. Menentukan 1 jenis bahan lunak yang akan dibuat membuat patung. (L2/C3/MOTs)
  8. Mengkritik patung karya pematung Indonesia. (L3/C5/HOTs)

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan :
  1. Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
  2. Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
  3. Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
  4. Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
  5. Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
  6. Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap

No

Discovery

Learning (DL)

Kegiatan Pembelajaran

1

Stimulation (memberistimulus)

1.   Peserta didik membaca selama 15 menit materi patung (Literasi)

2.   Peserta didik menyimak penjelasan materi patung. (4C/Comunicative)

2

Problem Statement (mengidentifikasi masalah)

3.   Peserta didik bertanya jawab terkait materi patung (PPK Integritas)

4.   Peserta didik memberi umpan balik. (4C/Communicative) hasil pengamatan yang telah dilakukan

3

Data Collecting (mengumpulkan data)

5.   Peserta didik secara mandiri mencatat hasil pengamatan mereka tentang materi patung. (PPK Mandiri)

4

Data Processing (mengolah data)

6.   Peserta didik membuat kesimpulan terkait teknik membuat patung  serta alat dan bahan yang digunakan. (4C/Creative)

5

Verification (memverifikasi)

7.   Peserta didik menyajikan secara tertulis tentang teknik membuat patung serta alat dan bahan yang digunakan yang benar(PPK Mandiri)

6

Generalization (menyimpulkan)

8.   Peserta didik menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada permasalahan fungsi bahan dan jenis alat untuk membuat patung (PPK Mandiri)


Kegiatan Penutup :
  1. Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
  2. Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
  3. Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.

Penilaian Sikap :

Penilaian Pengetahuan :

Penilaian Keterampilan :

Observasi / Jurnal

Pilihan ganda

Penugasan


Mengetahui, ………………, ….. Juli 2021
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



…………………………………         ………………………………….
NIP. ……………………………        NIP. ……………………………


Link download via G-Drive: 
1. RPP Semester Ganjil - Pertemuan 5 - RPP KD 3.2 - Seni Rupa - Seni Patung - Download

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home