RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 1 Pertemuan ke 5 - KD 3.2 - RPP Seni Rupa Materi Seni Patung
- Menyebutkan nama pematung Indonesia dan karyanya. (L1/C1/LOTs)
- Menjelaskan pengertian seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Menjelaskan 1 macam fungsi seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Membedakan 2 macam corak seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Menunjukkan 3 jenis bahan membuat seni patung. (L1/C2/LOTs)
- Menerangkan cara membuat seni patung dengan bahan lunak. (L1/C2/LOTs)
- Menentukan 1 jenis bahan lunak yang akan dibuat membuat patung. (L2/C3/MOTs)
- Mengkritik patung karya pematung Indonesia. (L3/C5/HOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No | Discovery Learning (DL) | Kegiatan Pembelajaran |
1 | Stimulation (memberistimulus) | 1. Peserta didik membaca selama 15 menit materi patung (Literasi) 2. Peserta didik menyimak penjelasan materi patung. (4C/Comunicative) |
2 | Problem Statement (mengidentifikasi masalah) | 3. Peserta didik bertanya jawab terkait materi patung (PPK Integritas) 4. Peserta didik memberi umpan balik. (4C/Communicative) hasil pengamatan yang telah dilakukan |
3 | Data Collecting (mengumpulkan data) | 5. Peserta didik secara mandiri mencatat hasil pengamatan mereka tentang materi patung. (PPK Mandiri) |
4 | Data Processing (mengolah data) | 6. Peserta didik membuat kesimpulan terkait teknik membuat patung serta alat dan bahan yang digunakan. (4C/Creative) |
5 | Verification (memverifikasi) | 7. Peserta didik menyajikan secara tertulis tentang teknik membuat patung serta alat dan bahan yang digunakan yang benar(PPK Mandiri) |
6 | Generalization (menyimpulkan) | 8. Peserta didik menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada permasalahan fungsi bahan dan jenis alat untuk membuat patung (PPK Mandiri) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : | Penilaian Pengetahuan : | Penilaian Keterampilan : |
Observasi / Jurnal | Pilihan ganda | Penugasan |
Labels: guru rpp
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home