RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 semester 1 Pertemuan ke 6 - KD 4.2 - RPP Seni Rupa Materi Seni Patung
- Mempersiapkan media kertas dan pensil untuk membuat sketsa outline desain patung yang akan dibuat karya 3 dimensi. (L1/P1/LOTs)
- Membuat satu sketsa outline desain patung dengan memakai pensil. (L2/P3/MOTs)
- Guru membimbing siswa sign in grup Whatsaap
- Guru memberi salam dilanjut dengan berdoa sebelum KBM secara daring. (PPK Religius)
- Guru menanyakan kabar peserta didik, dilanjutkan presensi.
- Guru mengingatkan siswa tentang tokoh seniman nasional (PPK Nasionalis)
- Guru melaksanakan apersepsi materi yang telah dipelajari dengan materi hari ini. (Apersepsi)
- Guru menjelaskan kompetensi, tujuan dan manfaat KBM yang dicapai melalui Whatsaap
No | Project Based Learning (PjBL) | Kegiatan Pembelajaran |
1 | Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek | 1. Peserta didik mencermati materi melalui Whatsapp. (Communication) (karya dan cara membuat patung, media (alat, bahan) membuat patung 2. Peserta didik menjawab pertanyaan guru. (Critical thinking) |
2 | Mendesain perencanaan proyek | 3. Peserta didik memberi umpan balik materi yang disampaikan. (Communication & Creativity) 4. Peserta didik bertanya jawab antar teman. (Collaborative) |
3 | Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek | 5. Peserta didik menentukan tema & judul karyanya. (PPK Integritas) 6. Peserta didik dipersilahkan menggunakan cara baru membuat sketsa outline yang mereka gunakan untuk membuat patung. (Innovation)
|
4 | Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek | 7. Peserta didik membuat sketsa outline tentang patung yang akan dibuat dengan bimbingan oleh guru dan orang tua. (PPK Mandiri) 8. Peserta didik bertanya kesulitan yang dihadapi. (Communication) |
5 | Mengujihasil. | 9. Peserta didik menyampaikan secara tertulis konsep hasil sketsa outlinenya untuk berkarya seni patung. (Communication) 10. Peserta didik diberi masukan tentang hasilnya. (Communication) |
6 | Mengevaluasi kegiatan/ pengalaman. | 11. Peserta didik boleh membawa contoh gambar patung. (PPK Mandiri) 12. Peserta didik diingatkan bahan dan alat (sabung batang dan peralatan ukir). (Communication) |
- Guru melaksanakan sesi tanya jawab & penilain serta membimbing siswa memberi kesimpulan.
- Guru mengadakan refleksi dan umpan balik serta menyampaikan agenda KBM berikutnya
- Guru dan peserta didik berdoa untuk mengakhiri pembelajaran, dilanjutkan memberi salam.
Penilaian Sikap : | Penilaian Pengetahuan : | Penilaian Keterampilan : |
Observasi / Jurnal | Pilihan ganda | Penugasan |
Labels: guru rpp
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home